Kompas.com - 06/08/2014, 20:45 WIB
EditorErvan Hardoko
JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Perusahaan dirgantara raksasa AS, Boeing, Rabu (6/8/2014), mengatakan sedang menjalin kerja sama dengan maskapai South Africa Airways dan sebuah perusahaan biofuel asal Belanda untuk menciptakan bahan bakar jet dari biji tembakau.

Perusahaan Belanda itu, SkyNRG, saat ini sedang meningkatkan produksi tanaman tembakau berjuluk Solaris di Afrika Selatan. Ketuga perusahaan ini berharap dalam waktu beberapa tahun sudah bisa memproduksi bahan bakar dari tembakau ini.

"Awalnya, minyak dari biji tembakau akan diubah menjadi bahan bakar jet. Dalam beberapa tahun ke depan Boeing berharap ada teknologi baru  yang bisa meningkatkan produksi bahan bakar dari tembakau di Afrika Selatan," demikian pernyataan SkyNRG.

Biofuel yang digunakan untuk penerbangan yang diproduksi dari sumber-sumber yang terbarukan misalnya tanaman bisa menekan emisi karbon antara 50-80 persen.

Sejak bahan bakar jenis ini diperkenalkan pada 2011, sudah lebih dari 1.500 penerbangan di seluruh dunia menggunakan biofuel. Awal tahun ini, Boeing dan perusahaan riset rekanannya di Timur Tengah mengatakan tengah memulai percobaan membuat biofuel dari tumbuhan gurun dan air laut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.