Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Kamboja Ikut Ujian Sekolah

Kompas.com - 06/08/2014, 14:59 WIB


KOMPAS.com — Mencontek saat ujian bak hal lazim di sekolah-sekolah di Kamboja. Bahkan, tulis laman Bangkok Post pada Rabu (6/8/2014) mengutip Phnom Penh Post, perbuatan curang itu marak saat ujian nasional kelas XII mulai hari ini.

Maka dari itulah, Kementerian Pendidikan Kamboja resmi melibatkan militer dalam ujian nasional itu. Anggota militer tidak mengikuti ujian, tetapi mengawasi pelaksanaan ujian. Militer yang bertugas berasal dari kesatuan polisi militer.

Di seluruh negeri, ada 154 lokasi ujian kelas XII. Pelaksanaan ujian selama dua hari.

Dalam pelaksanaan, siswa yang akan masuk ke ruang ujian mesti melalui pemeriksaan ketat. Aparat militer dan relawan dari Unit Anti-Korupsi akan menggeledah para siswa.

Tak cuma di situ saja Pemerintah Kamboja mencegah praktik curang berikut jual beli soal. Dalam radius tertentu dari sekolah, pemerintah menutup toko-toko foto kopi dan percetakan. "Siswa bakal frustrasi mencari bocoran soal," begitu kata pernyataan Kementerian Pendidikan.

Sementara itu, menanggapi peran serta polisi militer, Menteri Pendidikan Kamboja Hang Chhuon Naron mengklaim ada keberhasilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com