Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Anak Dalam Mobil, Diancam Hukuman Penjara

Kompas.com - 06/08/2014, 14:51 WIB
MELBOURNE, KOMPAS.com — Orangtua di Melbourne dan kota lainnya di Negara Bagian Victoria, Australia, tidak bisa lagi seenaknya meninggalkan anak di dalam mobil. Pasalnya, Pemerintah Victoria mulai menerapkan ancaman hukuman penjara lebih lama dan denda lebih tinggi bagi siapa saja yang melakukan hal itu.

Hukuman penjara akan ditingkatkan menjadi enam bulan, dan pelakunya akan menghadapi denda sekitar 3.700 dollar Australia (sekitar Rp 37 juta) jika tertangkap sengaja meninggalkan anak berusia di bawah 12 tahun dalam mobil, tanpa pengawasan.

Layanan ambulans Victoria merespons sekitar 1.000 insiden seperti ini setiap tahun, dengan sepertiga dari insiden itu mengakibatkan seorang anak dibawa ke rumah sakit.

Menteri Urusan Anak Wendy Lovell mengatakan, banyak orangtua tidak mengindahkan peringatan tersebut.

"Selama musim panas, kami melihat sejumlah anak ditinggalkan sendirian di mobil, dan itu bisa sangat berbahaya dalam cuaca panas," katanya.

"Kami ingin orangtua menyadari bahwa meninggalkan anak-anak sendirian adalah sesuatu yang berbahaya, dan kami akan terus mendidik orangtua mengenai hal ini."

"Tidak ada alasan untuk meninggalkan anak di dalam mobil tanpa pengawasan," tambah Lovell.

Erica Edmands, Presiden Kidsafe Victoria, mendukung hukuman yang lebih berat itu, tetapi juga mengatakan bahwa perlu lebih banyak langkah yang diambil dalam penerapan ini.

"Perubahan legislatif adalah salah satunya, dan kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah seputar program pendidikan dan kesadaran yang sedang muncul, untuk memperkuat hukum baru tersebut," kata Edmands.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com