Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Rekrut Perempuan sebagai Pengebom Bunuh Diri?

Kompas.com - 06/08/2014, 11:43 WIB
KOMPAS.COM - Kelompok milisi Boko Haram dituduh menerapkan strategi baru dalam melancarkan aksi mereka, yaitu dengan menggunakan perempuan sebagai pelaku bom bunuh diri.

Aksi bunuh diri yang dilakukan kaum hawa mulai marak sejak Juni lalu. Pada 8 Juni, seorang perempuan paruh baya mengendarai sepeda motor menuju barak militer di Kota Gombe. Dia meledakkan dirinya sehingga seorang polisi ikut terbunuh.

Kemudian, pada 27 Juli, seorang gadis remaja bersenjatakan bahan peledak yang disembunyikan di balik kerudungnya meledakkan diri di sebuah kampus di Kano sehingga mencederai lima polisi.

Keesokan harinya, dalam dua insiden terpisah, sebanyak empat gadis remaja menyerang sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum dan sebuah pusat perbelanjaan di Kota Kano, Nigeria utara. Secara keseluruhan, aksi mereka menewaskan sembilan orang.

Berita mengenai rangkaian kejadian ini menyebar ke media sosial. Spekulasi pun timbul bahwa Boko Haram menjadikan lebih dari 200 siswi sekolah yang mereka culik pada April lalu menjadi pelaku bom bunuh diri.

Kecurigaan semakin menguat karena pada saat bersamaan, juru bicara pemerintah, Mike Omeri, mengatakan aparat keamanan telah menangkap tiga orang di Negara Bagian Katsina. Dua di antara tiga orang tersebut ialah seorang gadis berusia 18 tahun dan seorang bocah perempuan berumur 10 tahun. Keduanya memakai sabuk berisi bahan peledak.

“Menggunakan perempuan sebagai pelaku bom bunuh diri adalah strategi paling dramatis yang bisa dilakukan sebuah organisasi. Lebih mudah mencapai target karena orang biasanya kurang menaruh curiga terhadap perempuan,” kata Martin Ewi, seorang peneliti Institut Kajian Keamanan di Afrika Selatan, kepada BBC.

Dengan menggunakan strategi itu, sambung Ewi, Boko Haram terlihat frustrasi sehingga menggunakan senjata pamungkas. “Namun, kami tidak tahu apakah Boko Haram telah mencapai fase itu atau apakah mereka memutuskan untuk memainkan strategi itu lebih awal.”

Lepas dari hal itu, Ewi mengatakan Boko Haram telah membuktikan bahwa mereka merupakan organisasi yang keras dan enggan bernegosiasi dengan pemerintah Nigeria.

Sebelumnya, pemerintah Nigeria memang mengupayakan agar para siswi sekolah yang diculik Boko Haram dibebaskan dan ditukar dengan para komandan organisasi tersebut yang kini ditahan.

“Mungkin itu menjadi cara untuk mengatakan tidak ada istilah pertukaran tahanan. Lalu Anda akan melihat gadis-gadis itu kembali dengan bom,” kata Ewi.

Anggota

Berdasarkan data yang dihimpun analis keamanan Nigeria, Bawa Abdullahi Wase, Boko Haram telah melancarkan 11 aksi bom bunuh diri yang dilakukan baik pria maupun perempuan sejak memulai pemberontakan pada 2009.

Bawa mengatakan Boko Haram tidak hanya berisi orang-orang berpendidikan rendah, tetapi juga kaum muda Nigeria dengan latar belakang pendidikan kimia, fisika, dan teknik mesin.

“Mereka adalah orang-orang dari keluarga terhormat dan kebanyakan berusia 18 tahun hingga 40 tahun. Mereka gagal mendapat pekerjaan dan orang tua mereka tidak mendapat pensiun setelah 35 tahun menjadi pegawai negeri. Mereka tidak melihat adanya harapan di bawah pemerintahan ini dan karena putus asa mereka bergabung dengan Boko Haram” kata Bawa.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com