Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel-Hamas Sepakati Gencatan Senjata Tiga Hari di Gaza

Kompas.com - 01/08/2014, 09:20 WIB
YERUSALEM, KOMPAS.COM — Israel dan Hamas menyepakati gencatan senjata kemanusiaan selama 72 jam di Gaza, mulai hari Jumat (1/8/2014). Kesepakatan ini diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Gencatan senjata diterapkan setelah berlangsung pertempuran selama 3,5 pekan yang menewaskan lebih dari 1.400 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, dan puluhan ribu orang lainnya mengungsi.

Korban di pihak Israel 58 orang, hampir semuanya tentara.

Israel mendapat kecaman keras atas tindakan mereka mengatasi penembakan roket oleh Hamas yang berujung dengan banyaknya korban tewas di pihak Palestina.

Amerika Serikat menyatakan operasi militer Israel di Gaza telah membunuh dan melukai terlalu banyak warga sipil Palestina.

Seorang juru bicara mengatakan, Israel harus berusaha lebih keras dalam usaha melindungi warga sipil.

Gedung Putih menyatakan penembakan Israel terhadap sekolah PBB, yang dipakai sebagai tempat berlindung warga sipil Palestina, sangat tidak bisa dibela dan tidak bisa diterima.

Amerika adalah sekutu terdekat Israel dan memasok sebagian besar senjata yang digunakan di Gaza.

Sebelumnya, pada sebuah pertemuan Dewan Keamanan, pejabat senior PBB untuk masalah kemanusiaan mendesak pemberian bantuan untuk Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com