Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tentara Wamil Korea Selatan Gantung Diri

Kompas.com - 29/07/2014, 14:39 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Dua peserta wajib militer di Korea Selatan tewas bunuh diri pada Minggu (27/7/2014), kata pejabat militer negeri itu. Insiden ini terjadi beberapa pekan setelah seorang tentara menembak lima anggota kesatuannya.

Dua prajurit itu ditemukan gantung diri di barak yang terpisah. Mereka sebelumnya sudah dimasukkan dalam daftar peserta yang harus diawasi karena ada kekhawatiran tentang stabilitas pikiran mereka.

Seperti diketahui, Korea Selatan menerapkan sistem wajib militer yang mengharuskan semua pria melaksanakannya selama dua tahun. Sebagian besar mengikuti wamil ketika berusia pada awal 20-an tahun.

Periode wajib militer di negara ini adalah salah satu yang terpanjang jika dibandingkan dengan negara-negara yang juga menggelar wamil.

Bullying dan masalah kesehatan mental diduga menjadi penyebab sejumlah insiden serangan atau bunuh diri yang pernah terjadi sebelumnya.

Pada bulan Juni lalu, seorang tentara melepaskan tembakan dan membunuh lima anggota kesatuannya. Dia lalu mencoba menembak dirinya sendiri, tapi nyawanya masih bisa diselamatkan.

Dia dideskripsikan sebagai orang yang sulit menyesuaikan diri dengan kehidupan militer, dan juga telah ditempatkan pada daftar pengawasan.

Baik dia dan salah satu dari orang-orang yang bunuh diri pekan ini ditugaskan ke unit garis depan dekat zona demiliterisasi Korea Selatan dan Korea Utara.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan ada sejumlah langkah yang ditempuh untuk membantu tentara rentan beradaptasi dengan kehidupan militer.

"Kami berjuang untuk menemukan solusi mendasar di tengah kenyataan pahit kurangnya langkah-langkah sistematis untuk mendukung peserta wamil," kata kantor berita Yonhap mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com