Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Khusus untuk Makan Sendiri di Amsterdam

Kompas.com - 24/07/2014, 15:40 WIB
KOMPAS.com — Jika ingin makan sendiri, biasanya orang akan memesan makanan dari mobil atau dari kamar hotel. Hal ini dirasa tepat ketimbang harus makan sendiri di restoran dan dianggap "tidak punya teman".

Namun, saat ini makin banyak orang-orang yang hidup sendiri.

Aaron Allen, seorang konsultan restoran yang berasal dari Florida, Amerika Serikat, mengatakan, survei menunjukkan satu dari tujuh orang dewasa di AS hidup sendiri.

Dengan demikian, stigma negatif tentang "makan sendirian" mulai menghilang.

Orang-orang kini tidak ragu untuk makan sendirian di restoran dan Allen mengatakan sejumlah restoran di seluruh dunia sudah mulai mengerti adanya kultur baru ini.

Pemilik restoran pun kemudian mencoba banyak hal untuk membuat para pelanggan mereka nyaman, misalnya dengan menyediakan lebih banyak kursi di bar, atau mendorong staf restoran untuk lebih memperhatikan pelanggan yang duduk sendiri.

Stephen Beckta, pemilik restoran di Ottawa, Kanada, mengatakan bahwa restoran yang baik harus melihat para pelanggan ini sebagai suatu "pujian terbesar yang dapat diterima oleh sebuah restoran".

Tiga restorannya, yaitu Beckta, Play, dan Gezellig, merupakan magnet bagi para pengunjung lajang di ibu kota Kanada.

Kekuatan daya beli

Namun, bagi pengunjung lajang yang benar-benar ingin merasa sendiri, ada Eenmaal, sebuah restoran di Amsterdam, Belanda, yang hanya memiliki satu kursi untuk satu meja.

Dibuat oleh desainer Belanda Marina van Goor, restoran ini selalu penuh pada setiap malamnya dan mereka membuka cabang di Antwerp, London, Berlin, dan New York akhir tahun ini.

Van Goor menilai kini di masyarakat, orang-orang hampir tidak memiliki ruang untuk sendirian di antara kerumunan orang, kecuali jika Anda pergi ke suatu tempat.

"Saya ingin menciptakan tempat menarik yang bisa menyatakan bahwa tidak apa-apa kita untuk sementara waktu terputus dengan dunia sosial."

Aaron Allen mengatakan, ada sejumlah alasan sosial di balik banyaknya penggemar "makan sendirian" ini.

"Angka perceraian yang tinggi, dan orang-orang yang menunggu lama untuk menikah," katanya.

"Karena itu, jumlah orang-orang sendirian semakin banyak di pasar, dan mereka jauh lebih makmur dalam hal yang berkaitan dengan biaya hidup dan makanan."

Sejumlah angka resmi memastikan bahwa daya beli masyarakat tunggal sangat luas.

Biro Statistik Tenaga Kerja menghitung bahwa penghasilan jumlah lajang di AS senilai 1,9 triliun dollar per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com