Kompas.com - 23/07/2014, 21:16 WIB
EditorErvan Hardoko

TAIPEH, KOMPAS.com — Sedikitnya 40 orang diyakini tewas ketika pesawat maskapai berbiaya murah, TransAsia, jatuh setelah gagal melakukan pendaratan darurat di Taiwan, Rabu (23/7/2014).

Pesawat TransAsia Airways itu mengangkut 58 orang, termasuk empat awak pesawat, dan jatuh di dekat bandara di Kepulauan Penghu, pesisir barat Taiwan.

Kepala Administasi Aeronautika Taiwan Jean Shen mengatakan, TransAsia Airways dengan nomor penerbangan GE222 membatalkan pendaratan darurat di Pulau Magong, kawasan Penghu.

Setelah gagal melakukan pendaratan, pilot meminta izin kepada menara pengawas untuk berputar-putar.

Namun, pesawat ATR 72 itu kemudian kehilangan kontak dengan menara pengawas Bandara Magong sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Kepala Pemadam Kebakaran setempat memperkirakan jumlah korban tewas bisa mencapai lebih dari 50 orang.

TransAsia Airways adalah maskapai penerbangan yang berpusat di Taiwan. Perusahaan itu mengoperasikan 23 armada, terutama untuk melayani rute-rute domestik, tetapi juga melayani penerbangan ke Jepang, Thailand, dan Kamboja.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat. Namun, Taiwan diterjang Topan Matmo yang memaksa banyak instansi terpaksa menghentikan aktivitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.