Kompas.com - 23/07/2014, 18:49 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Pemblokiran Bandar Udara Ben Gurion di Tel Aviv, Israel, sejatinya membuat negara itu merugi. Kerugian itu juga tak tertutupi meski Israel menyiapkan bandara pengganti, Uvda, di kota Eiliat.

Warta Xinhua pada Rabu (23/7/2014) menampilkan komentar CEO Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Israel Yossi Pata-El dalam wawancara dengan radio Israel. "Tidak semua pesawat bisa menggunakan Bandar Udara Uvda," katanya.

Awalnya, Uvda adalah bandar udara militer Israel sejak 1980 tatkala Israel menarik diri dari Semenanjung Sinai. Uvda memiliki dua landas pacu dengan panjang masing-masing 3.000 meter dan 2.000 meter. Sejak 2009, Uvda tidak melayani penerbangan malam hari.

Sekarang, Uvda melayani penerbangan lokal Israel. Dua maskapai penerbangan yang memanfaatkan bandara itu adalah Arkia Israel dan El Al. Ada pula beberapa maskapai penerbangan asing, misalnya dari Kanada.

Sementara itu, pemblokiran Bandar Udara Ben Gurion membuat 80 penerbangan tertunda sejak kemarin sore. Lantaran itulah, ribuan warga Israel gagal melakukan perjalanan pulang. Soalnya, pesawat-pesawat asing berdestinasi Israel tak bisa melayani perjalanan.

Sementara itu, catatan menunjukkan, sejak semester pertama 2014, Israel mendapat kunjungan wisatawan asing sebanyak 1,5 juta. Asosiasi perjalanan wisata memprediksi jumlah ini bakal susut akibat kondisi konflik Israel versus Palestina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.