Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Deportasi Ulama Australia Pendukung ISIS

Kompas.com - 23/07/2014, 18:22 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Pemerintah Filipina mendeportasi Musa Cerantonio, ulama terkemuka Australia yang mendukung Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Musa Cerantonio tiba di Melbourne, Rabu (23/7/2014) pagi, dan melenggang bebas begitu tiba di bandara.

Cerantonio, yang berada di bawah pengawasan polisi Filipina sejak Februari 2014, ditangkap di pusat kota Lapu-Lapu dua pekan lalu.

Seorang Juru Bicara Departemen Kejaksaan Agung Australia sebelumnya mengatakan, Cerantonio dapat terhindar dari hukuman karena tidak ditemukan bukti telah melanggar undang-undang Australia.

Namun, dia mengatakan, kegiatan Cerantonio akan terus dipantau di Australia. "Polisi Federal Australia (AFP) tetap melakukan penilaian materi yang dipublikasikan di media sosial untuk menentukan, apakah itu mungkin melanggar hukum federal."

Dibesarkan sebagai seorang Katolik, Musa Cerantonio memeluk Islam saat berusia 17 tahun dan belakangan aktif di media online dengan berbagai tulisan yang mendukung jihad.

Sebuah laporan terbaru dari Pusat Internasional untuk Studi Radikalisasi melukiskan Cerantonio sebagai "otoritas spiritual" penting bagi para pejuang asing di Irak dan Suriah. Namun, tidak ada bukti ia memfasilitasi kedatangan pejuang tersebut ke negara-negara itu. Disebutkan, satu dari empat pejuang asing mengikuti akun Twitter-nya.

Awal bulan Juli 2014 ini, Musa Cerantonio mengemukakan bahwa ia akan pergi ke Suriah untuk bergabung dengan para pejuang Negara Islam—yang sebelumnya dikenal sebagai Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)—yang memulai perjalanan mereka untuk menduduki ibu kota Irak pada awal Juni.

"Dia berada di sini sepanjang waktu," kata inspektur polisi Filipina Conrad Capa.

Musa Cerantonio juga mengunggah komentar di Twitter untuk mendukung Abu Bakr Al-Baghdadi, pemimpin Negara Islam, yang menyatakan sebuah pemerintahan Islam yang meliputi wilayah Irak dan Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com