Kompas.com - 23/07/2014, 16:36 WIB
EditorErvan Hardoko

PERTH, KOMPAS.com - Seekor buaya air asin berukuran besar dan berbahaya menampakkan diri di sebuah danau dekat dengan kota Kununura, Australia Barat setelah berhasil melewati dinding sebuah bendungan.

Pihak berwenang mengatakan ini adalah pertama kalinya dalam beberapa tahun seekor buaya air asin mengunjungi danau populer, daerah tempat ratusan buaya air tawar yang relatif tidak berbahaya.

Seorang penduduk Kununurra memotret hewan buas itu dekat Bendungan Calton, Rabu (23/7/2014). Petugas Department of Parks and Wildlife, Matt Byers mengatakan ukuran buaya yang amat besar sangat mengkhawatirkan dan pihak berwenang berusaha memindahkannya dari jalur air tersebut.

"Kami yakin panjang buaya itu 2,5 sampai 3 meter. Binatang seukuran itu dapat menimbulkan resiko besar pada manusia," kata Myers.

Sementara buaya yang terlihat di sungai dan jalur air terpencil umumnya tidak diganggu. Namun, Danau Kununurra terletak di "wilayah lintasan berisiko" di mana semua buaya air asin harus dipindahkan atau dibunuh.

Matt Byers mengatakan pawang buaya suku Aborigin setempat akan membantu untuk menemukan dan menangkap buaya itu secepat mungkin. Waktunya tidak biasa untuk buaya-buaya berkeliaran di daerah Kimberley tersebut.

Biasanya selama bulan-bulan musim kemarau yang lebih dingin, hewan-hewan itu tinggal di satu daerah dan jarang menampakkan diri. Warga setempat yang melihat buaya itu diminta untuk segera menghubungi Departemen Parks and Wildlife dan jika mungkin, memotret dari jarak yang aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.