Kompas.com - 20/07/2014, 00:57 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com - Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini menguasai 35 persen wilayah Suriah, termasuk hampir semua ladang minyak dan gas, setelah memperoleh serangkaian kemenangan. Demikian Organisasi Pemantau HAM Suriah, Jumat (18/7/2014).

Salah satu kemenangan terbaru ISIS adalah pendudukan ladang minyak terbesar Suriah di Deir el-Zour, Suriah timur, awal pekan lalu.

Deir el-Zour berbatasan dengan provinsi Homs dan Irak, di mana ISIS juga menggelar serangan kilat yang mampu mencaplok sebagian besar wilayah utara dan barat Irak.

Sementara itu, ISIS menewaskan 270 orang pasukan Suriah, penjaga keamanan sipil dan pekerja di sebuah ladang minyak di provinsi Homs.

Organisasi Pemantau HAM Suriah menggambarkan direbutkan ladang minyak Shaar itu sebagai sebuah operasi militer anti-rezim Suriah terbesar yang digelar ISIS sejak kelompok ini muncul di tengah konflik Suriah setahun lalu.

Direktur Organisasi Pemantau HAM Suriah Rami Abdel Rahman mengatakan ke-270 orang itu tewas dalam baku tembak atau dieksekusi ISIS.

"Sebagian besar dari mereka tewas dieksekusi setelah sempat ditahan menyusul jatuhnya ladang minyak itu ke tangan ISIS," kata Rami.

Rami menambahkan organisasinya mengecam kematikan 270 orang yang mempertahankan ladang minyak itu, apalagi sebagian besar dari mereka tewas akibat eksekusi.

"Sebanyak 11 pekerja sipil tewas sedangkan sisanya adalah anggota keamanan sipil dan anggota pasukan Suriah," tambah Rami.

Namun, lanjut Rami, pada Jumat pasukan pemerintah Suriah melakukan serangan balasan dan menewaskan 40 orang anggota ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.