Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Hamas: Serangan Darat Israel Pasti Gagal

Kompas.com - 18/07/2014, 10:42 WIB
DOHA, KOMPAS.com — Pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, mengatakan pada Jumat (18/7/2014) bahwa serangan darat Israel di Gaza telah ditakdirkan untuk gagal. Meshaal mengatakan hal itu dalam sambutannya, yang diterima kantor berita AFP di ibu kota Qatar.

"Apa yang gagal diraih penjajah Israel melalui serangan udara dan laut akan gagal juga diraih dengan serangan darat. Serangan darat itu pasti akan gagal," kata Meshaal dari pengasingannya di Doha.

Militer Israel, Jumat ini, memulai serangan darat di Gaza setelah 10 hari sebelumnya melancarkan serangan udara untuk menghentikan serangan roket militan Hamas ke wilayah Israel.

Seorang juru bicara Hamas di Gaza sebelumnya mengatakan, "Israel akan membayar sebuah harga tinggi" karena meluncurkan serangan darat dan bahwa gerakan Islam Palestina "siap berkonfrontasi".

Meshaal mengatakan, Hamas punya "tuntutan yang jelas", termasuk mengakhiri "agresi dan hukuman kolektif terhadap rakyat kami di Gaza dan di Tepi Barat, serta pencabutan pengepungan Gaza."

Dia menegaskan, "sumber masalah terletak pada pendudukan Israel dan pembangunan permukiman". Ia menegaskan, rakyat Palestina "bertekad untuk menyingkirkan Israel, cepat atau lambat". Namun, dia tidak menjelaskan bagaimana hal itu akan dilakukan.

Pemimpin Hamas di pengasingan itu juga menyerukan kepada masyarakat internasional untuk "memikul tanggung jawabnya dan mengakhiri terorisme Israel".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com