Kompas.com - 17/07/2014, 16:49 WIB
EditorErvan Hardoko

PERTH, KOMPAS.com — Seekor ikan hiu putih yang terdampar di Pantai Australia Barat kemungkinan mati karena tersedak seekor singa laut. Demikian hasil penyelidikan mengenai penyebab kematian hewan buas tersebut.

Awal pekan ini, seekor ikan hiu putih yang panjangnya kira-kira empat meter itu terlihat di perairan yang dangkal, Coronation Beach, di utara Geraldton, yang jaraknya sekitar 430 km dari ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth.

Bangkainya, yang dipasangi sebuah tag akustik, terdampar di pantai yang sama pada hari Selasa. Departemen Perikanan mengatakan, tim periset tidak mendapati tanda-tanda luka atau penyakit pada ikan hiu itu. Namun, seekor singa laut Australia yang besar nyangkut di dalam tenggorokannya.

Ketua tim periset Departemen Perikanan, Dr Rory McAuley, mengatakan, ikan hiu itu mungkin berada di perairan itu untuk mencoba mengeluarkan apa yang tersangkut di tenggorokannya.

"Itulah mengapa ikan hiu itu menunjukkan perilaku yang aneh di perairan yang dangkal di lepas Coronation Beach," kata Dr McAuley.

"Benda sebesar itu mungkin merusak organ dalam ikan hiu itu atau menghalangi air masuk ke insangnya sehingga menyebabkan kematian," ujar dia.

"Kalau tidak, ikan hiu itu mungkin tidak sengaja terdampar ketika berusaha mengeluarkan ganjalan di tenggorokannya," lanjut McAuley.

Departemen Perikanan juga menyatakan, ikan hiu itu dipasangi tag di Australia Selatan pada bulan Januari tahun ini.

Dr McAuley mengatakan, sampel jaringan dan tulang belakang diambil untuk studi genetik, umur dan pertumbuhan, ekologi, dan populasi pada masa depan.

"Informasi ini akan berguna untuk meningkatkan pemahaman kita tentang ikan hiu putih," katanya.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.