Kompas.com - 17/07/2014, 10:20 WIB
EditorEgidius Patnistik
GAZA CITY, KOMPAS.COM — Kelompok Hamas, Kamis (17/7/2014), sepakat untuk melakukan gencatan senjata sementara di Gaza seperti yang diminta PBB. Atas pertimbangan kemanusiaan, PBB telah mendesak kedua pihak, Hamas dan Israel, untuk melakukan gencatan senjata sementara. Masa jeda sementara itu bisa digunakan warga Palestina untuk memasok barang-barang kebutuhan pokok mereka.

"Kelompok ini menyetujui gencatan senjata selama lima jam" mulai pukul 10.00 waktu setempat (atau pukul 14.00 WIB) hari Kamis ini, kata Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zukhri, dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, militer Israel mengatakan telah menerima permintaan PBB untuk menghentikan serangan di Jalur Gaza yang disebut oleh seorang pejabat senior PBB sebagai "jeda kemanusiaan". "Pukul 10.00 hingga 15.00 (atau pukul 14.00-19.00 WIB), Angkatan Pertahanan Israel akan menghentikan kegiatan operasional di dalam Jalur Gaza dan menahan tembakan," demikian pernyataan militer itu.

Abu Zukhri mengatakan hal yang sama. "Faksi-faksi Palestina sepakat untuk menerima tawaran PBB demi mendinginkan suasana di lapangan selama lima jam mulai pukul 10.00 pagi," katanya kepada AFP.

"Adalah kepentingan semua warga Gaza, demi memberi mereka kesempatan untuk pergi ke rumah sakit, mendapatkan pelayanan kesehatan atau mendapatkan makanan," kata koordinator khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah, Robert Serry, kepada televisi Channel Two Israel pada Rabu malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.