Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Bocah Palestina Tewas dalam Serangan AL, Israel Setuju Hentikan Serangan Selama 5 Jam

Kompas.com - 17/07/2014, 05:09 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com — Israel, Rabu (16/7/2014), menyetujui permintaan PBB untuk menghentikan serangan udara ke Gaza, Palestina, selama lima jam atas dasar kemanusiaan. Persetujuan ini disampaikan setelah empat bocah Palestina tewas di Pantai Gaza dalam serangan Angkatan Laut Israel.

Saat ini korban tewas serangan udara Israel di Gaza sudah mencapai 220 orang. Kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Gaza memastikan 80 persen dari para korban tewas itu adalah warga sipil.

Sementara itu, selama Israel meluncurkan serangan udara sebagai bagian dari operasi Protective Edge sejak Selasa (8/7/2014) ini, pejuang Hamas telah melontarkan lebih dari 1.200 roket ke wilayah Israel. Sejauh ini, baru satu korban jiwa jatuh di Israel, yaitu pada Selasa (15/7/2014).

Militer Israel mengumumkan, serangan akan dihentikan pada Kamis (17/7/2014) pukul 10.00 sampai pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 14.00 sampai pukul 19.00 WIB.

Koordinator Khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah, Robert Serry, sebelumnya menyatakan telah meminta Israel memberikan "jeda kemanusiaan". Bila Israel setuju, dia berjanji akan meminta hal yang sama ke pejuang Hamas untuk menghentikan lontaran roketnya ke wilayah Israel. 

Hamas menyatakan sedang mempertimbangkan permintaan Serry tersebut. "Hamas telah diberitahu tentang usulan PBB soal gencatan senjata beberapa jam besok itu," kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri kepada AFP. "Proposal ini sedang dipelajari dan ketika keputusan telah diambil, akan diumumkan secara resmi dalam sebuah pernyataan."

Sebagai bagian dari inisiatif perdamaian, seorang pejabat Hamas bertemu dengan para pemimpin Mesir, sementara Presiden Palestina Mahmoud Abbas tiba di Kairo untuk bergabung dengan upaya diplomatik tersebut.

Selain empat anak tewas, beberapa orang juga terluka dalam pengeboman Angkatan Laut Israel di pantai kota Gaza, berdasarkan keterangan dari petugas medis. Serangan ini terjadi pada Rabu sekitar pukul 20.00 WIB. Serangan pertama membuat warga di pantai itu ketakutan. Sementara serangan kedua dan ketiga menghancurkan permukiman nelayan di pantai dan membunuh empat bocah di sana.

Beberapa jam setelah serangan, militer Israel menyebut kematian keempat bocah itu sebagai peristiwa tragis dan menyatakan sedang menyelidiki serangan itu. "Berdasarkan hasil (penyelidikan) awal, target dari serangan ini adalah operasi teroris Hamas," ujar salah satu pernyataan dari militer Israel. "Korban sipil yang dilaporkan dari serangan ini merupakan hasil tragis."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com