Kompas.com - 14/07/2014, 10:25 WIB
EditorEgidius Patnistik
YERUSALEM, KOMPAS.COM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mempersalahkan Hamas atas jatuhnya korban warga sipil di Jalur Gaza. Ia mengatakan militan menyembunyikan bahan peledak di rumah sakit dan menggunakan warga Gaza sebagai perisai.

Ofensif Israel dimaksudkan untuk mengakhiri serangan roket Hamas terhadap Israel. Para pejabat Palestina mengatakan jumlah korban tewas di Gaza telah melampaui 160 orang, terdiri dari  militan, perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 1.000 lainnya  luka-luka.

Selain serangan udara yang berlanjut, militer Israel untuk pertama kalinya melancarkan serangan darat hari Minggu (13/7/2014). Pasukan komando menarget lokasi peluncuran roket dalam sebuah serangan singkat. Pihak berwenang menyatakan empat tentara Israel luka ringan dalam tembak menembak dengan para pejuang Palestina.

Serangan gencar semalam di Gaza Utara menyebabkan ribuan warga Palestina meninggalkan daerah itu lebih jauh ke arah selatan, dengan harapan menemukan tempat tinggal yang aman di sana. Banyak warga asing dan Palestina yang memiliki kewarganegaraan ganda meninggalkan Jalur Gaza hari Minggu.

Militer Israel telah memperingatkan warga Palestina yang tinggal di Gaza Utara agar mengungsi demi keselamatan mereka sendiri karena serangan-serangan udara akan semakin meningkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.