Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Sydney Kecam Serangan Militer Israel di Gaza

Kompas.com - 13/07/2014, 20:13 WIB
SYDNEY, KOMPAS.COM - Unjuk rasa menentang serangan militer Israel ke Gaza di Sydney diikuti ribuan orang. Mereka mendesak Israel menghentikan serangan udara Israel ke Gaza.

Sekitar 2000 – 3000 orang pengunjuk rasa, Minggu (13/7/2014), berkumpul di depan Balai Kota Sydney, mereka membawa beragam spanduk berisi kecaman terhadap Israel dan meneriakan kalimat “Bebaskan, Bebaskan Palestina, Bebaskan Gaza!”. Aksi yang berlangsung selama beberapa jam itu berlangsung damai.

Aktivis pro-Palestina, Damian Ridgewell, dalam kesempatan itu menyampaikan orasi berisi kecaman pedas dan mengatakan desakan internasional terhadap Israel untuk menghentikan kekerasan di Gaza.

"Hari ini kita berdiri berdampingan dengan ratusan orang di dunia yang mengecam kejahatan Israel dan kita berdiri dalam solidaritas untuk Palestina,” katanya. "Orang yang dengan kesadaran mengatakan "Tidak" kepada Israel. Mereka mengatakan "Tidak"  kepada dukungan pemerintah federal kepada kejahatan  perang yang dilakukan oleh Israel dan pembasmian etnis. Kita katakan kita berada di pihak Palestina!"

"Seluruh warga dunia di New York, Afrika Selatan, Norwegia  berunjuk rasa, sebanyak 15.000 orang di  London – kita ikut ambil bagian dalam solidaritas selama beberapa hari untuk warga Palestina dan menentang keras pembunuhan berdarah yang dilakukan Israel."

Namun aksi itu diwarnai perkelahian antar sesama pengunjuk rasa. Polisi sampai harus turun tangan melerai perkelahian di belakang panggung utama di depan Balai Kota tersebut. Perkelahian itu terjadi ketika beberapa orang pro-Palestina tidak terima dengan kelompok pengunjuk rasa yang membawa bendera yang mewakili organisasi militan berbasis di Lebanon, yaitu Hizbullah.

Dengan bendera kuning tersampir dibahunya, pria Iran Mahdi Naseri mengatakan ia juga menjadi target, ketika seorang wanita berupaya untuk merobek bendera yang dipegangnya.

"Saya tidak menyangka akan diserang seperti itu oleh sesama pengunjuk rasa ,” katanya. "Bendera ini adalah bendera Hizbullah .. mereka melawan Zionisme. "Kita semua sama ... kita berjuang untuk hal yang sama ... kami ingin keadilan. Saya menentang terorisme, saya menentang pembunuhan terhadap orang-orang yang tidak  bersalah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com