Kompas.com - 13/07/2014, 09:04 WIB
EditorLaksono Hari Wiwoho

JERUSALEM, KOMPAS.com - Militer Israel memperingatkan rakyat Palestina di Jalur Gaza utara untuk meninggalkan rumah mereka. Seruan ini disampaikan demi keselamatan warga di wilayah tersebut.

"Malam ini kita akan mengirim pesan kepada warga Gaza utara mendesak mereka untuk meninggalkan rumah mereka demi keselamatan mereka sendiri. Saat ini tidak aman berada di dekat Hamas," bunyi pernyataan militer Israel, Sabtu (12/7/2014) malam waktu setempat.

Peringatan itu disampaikan di saat Israel terus menggelar serangan udara di wilayah tersebut setelah rentetan roket ditembakkan ke Tel Aviv. Setidaknya 16 orang tewas dalam serangan Sabtu malam, termasuk 15 orang di lingkungan Kota Gaza Tuffah.

Kemarin, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Israel dan kelompok Hamas untuk mengakhiri pertikaian mereka di Gaza. PBB juga meminta kedua pihak menghormati aturan-aturan hukum kemanusiaan internasional serta menghentikan aksi-aksi yang bisa menghilangkan nyawa para korban.

Dalam deklarasi yang dicapai dengan suara bulat, 15 negara anggota Dewan Keamanan PBB  mengimbau pihak-pihak terkait untuk kembali pada masa tenang setelah gencatan senjata November 2012. Dewan Keamanan PBB merasa sangat khawatir terhadap perlindungan dan kesejahteraan warga sipil di kedua belah pihak.

Dewan Keamanan PBB juga mengimbau Israel dan Palestina kembali berunding untuk mencapai perjanjian perdamaian yang menyeluruh berdasarkan penyelesaian masalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP/ANTARA
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.