Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan-Tiongkok Makin Mesra lewat Pariwisata

Kompas.com - 11/07/2014, 18:28 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

Sumber AFP
TAIPEI, KOMPAS.com - Pendapatan pariwisata Taiwan mencapai 12,32 miliar dollar AS tahun lalu akibat meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asal Tiongkok. Seperti dikutip dari AFP pada Kamis (10/7/2014), pemerintah setempat pada Selasa (8/7/2014) menyebutkan bahwa hubungan kedua negara semakin membaik.

Tahun lalu tercatat 2,87 juta wisatawan asal Tiongkok mengunjungi Taiwan. Biro pariwisata Taiwan menyebutkan angka tersebut berarti mengalami peningkatan sebesar 11 persen dibanding tahun 2012 yang mencatat pendapatan dari wisatawan Tiongkok mencapai 5,53 milyar dollar AS.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Taiwan dari Tiongkok daratan meningkat sejak 2008, menyusul pemerintah Taiwan mencabut larangan turis Tiongkok untuk berkunjung. Dengan semakin membaik hubungan antara Taiwan dan Tiongkok, menyingkirkan Jepang sebagai wisatawan asing terbanyak yang berkunjung ke Taiwan di tahun-tahun sebelumnya.

Tingkat kunjungan wisatawan Jepang ke Taiwan menurun jadi 1,42 juta tahun lalu. Sementara itu, untuk wisatawan asal Indonesia, menurut Director Taiwan Visitor Association KL Office David Tsao, di Jakarta, pada Jumat (21/3/2014), jumlah kunjungan mencapai 170 ribu orang di tahun 2013. Pihaknya menargetkan jumlah kunjungan dari wisatawan Indonesia pada 2014 bisa mencapai 200 ribu orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com