Kompas.com - 11/07/2014, 18:28 WIB
|
EditorJosephus Primus
TAIPEI, KOMPAS.com - Pendapatan pariwisata Taiwan mencapai 12,32 miliar dollar AS tahun lalu akibat meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asal Tiongkok. Seperti dikutip dari AFP pada Kamis (10/7/2014), pemerintah setempat pada Selasa (8/7/2014) menyebutkan bahwa hubungan kedua negara semakin membaik.

Tahun lalu tercatat 2,87 juta wisatawan asal Tiongkok mengunjungi Taiwan. Biro pariwisata Taiwan menyebutkan angka tersebut berarti mengalami peningkatan sebesar 11 persen dibanding tahun 2012 yang mencatat pendapatan dari wisatawan Tiongkok mencapai 5,53 milyar dollar AS.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Taiwan dari Tiongkok daratan meningkat sejak 2008, menyusul pemerintah Taiwan mencabut larangan turis Tiongkok untuk berkunjung. Dengan semakin membaik hubungan antara Taiwan dan Tiongkok, menyingkirkan Jepang sebagai wisatawan asing terbanyak yang berkunjung ke Taiwan di tahun-tahun sebelumnya.

Tingkat kunjungan wisatawan Jepang ke Taiwan menurun jadi 1,42 juta tahun lalu. Sementara itu, untuk wisatawan asal Indonesia, menurut Director Taiwan Visitor Association KL Office David Tsao, di Jakarta, pada Jumat (21/3/2014), jumlah kunjungan mencapai 170 ribu orang di tahun 2013. Pihaknya menargetkan jumlah kunjungan dari wisatawan Indonesia pada 2014 bisa mencapai 200 ribu orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.