Kompas.com - 10/07/2014, 01:53 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Pemenang Nobel Perdamaian Desmond Tutu mengecam para pemimpin Israel dan Palestina yang menurut dia bertindak kekanak-kanakan, ketika saling menyalahkan atas konflik berdarah terbaru di Jalur Gaza.

"Sekali lagi orang-orang Israel dan Palestina yang terlibat dalam adu kekerasan mematikan tit-for-tat yang tidak akan pernah ada pemenang, hanya merugi," kata pemuka agama Afrika Selatan dalam sebuah pernyataan, Rabu (9/7/2014).

"Seperti anak-anak yang bermain dust-up, para pemimpin politik dan agama (di Israel dan Palestina) saling menjatuhkan, bukan untuk berdamai, melainkan untuk menyatakan 'Itu bukan kami, mereka yang memulainya'," lanjut kecaman Tutu.

Pesawat tempur Israel, Rabu, kembali membombardir Jalur Gaza dan menewaskan puluhan warga Palestina. Sebaliknya, kelompok Hamas membalas serangan tersebut dengan lontaran roket ke wilayah Israel.

"Dunia ingin melihat Israel dan Palestina menjadi lebih dewasa daripada saat ini, untuk mengambil sebuah tindakan, sebelum ada lebih banyak anak-anak yang terluka," kata Tutu.

Uskup emeritus Anglican Tutu (82), masih dianggap sebagai pilar moral di Afrika Selatan, termasuk untuk mendorong perdamaian di negara itu maupun dunia. Dia sudah sejak lama mengkritisi konflik panjang Israel-Palestina ini, dari sudut pandang religius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.