Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden Ajukan Perpanjangan Masa Tinggal di Rusia

Kompas.com - 09/07/2014, 19:55 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Buronan yang paling dicari pemerintah AS, Edward Snowden dikabarkan telah mengajukan secara resmi perpanjangan masa tinggalnya di Rusia yang akan habis pada 31 Juli mendatang. Demikian disampaikan kuasa hukumnya, Anatoly Kucherena, Rabu (9/7/2014).

Kucherena tidak menjelaskan untuk berapa lama Snowden mengajukan perpanjangan masa suaka sementaranya itu atau apakah Snowden mengajukan permohonan untuk menjadi warga negara Rusia.

Snowden berada di Rusia sejak terbang dari Hongkong pada Juni tahun lalu setelah membocorkan data intelijen khususnya penyadapan massal yang dilakukan NSA di seluruh dunia.

Pada awalnya, Snowden tak bisa keluar dari bandara Sheremetyevo, Moskwa setelah pemerintah AS mencabut paspornya. Selama hampir sebulan Snowden berdiam di zona transit bandara sebelum Moskwa memberinya status pengungsi selama satu tahun.

Meski beberapa kali Snowden memberikan wawancara yang sangat terbatas kepada sejumlah media, namun secara umum kehidupannya di Rusia masih menjadi misteri dan hanya sejumlah laporan soal "penampakannya" di ruang publik yang memastikan Snowden masih berada di Moskwa dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com