Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taifun Neoguri Hantam Okinawa, Setengah Juta Orang Mengungsi

Kompas.com - 08/07/2014, 16:42 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Taifun Neogouri, Selasa (8/7/2014), menghantam Pulau Okinawa, wilayah selatan Jepang, memaksa lebih dari setengah juta orang mengungsi untuk menghindari badai terburuk selama beberapa tahun terakhir.

Topan ini bergerak dengan kecepatan 252 kilometer per jam sambil membawa hujan deras yang memaksa ratusan penerbangan tertunda. Sementara itu, pemerintah setempat menyatakan satu orang hilang dan beberapa orang lainnya terluka.

Di ibu kota Okinawa, Naha, lampu pengatur lalu lintas mati dan siaran televisi memperlihatkan pepohonan tumbang akibat kencangnya angin, papan reklame melayang, dan sebuah restoran hancur.

Kepolisian Okinawa menyatakan, sedikitnya tiga orang terluka, termasuk seorang perempuan tua berusia 83 tahun. Sementara itu, lembaga penyiaran NHK menyebut delapan orang terluka akibat bencana ini.

NHK mengabarkan, semua sekolah di seluruh penjuru Okinawa diliburkan dan sekitar 70.000 rumah di pulau itu tak mendapatkan pasokan listrik.

Sementara itu, pasukan penjaga pantai mengatakan, seorang pria berusia 62 tahun hilang ketika jatuh ke laut dari perahu yang ditumpanginya di dekat pesisir Jepang.

Badan meteorologi setempat memperingatkan bahwa gelombang laut bisa mencapai 14 meter akibat topan Neoguri ini.

Sejak Senin (7/7/2014), Badan Meteorologi Jepang sudah mengeluarkan peringatan ancaman badai besar untuk Pulau Okinawa yang ditinggali 1,2 juta orang dan kepulauan tetangganya, Miyako.

Topan Neoguri ini datang kurang dari setahun setelah bencana taifun Haiyan yang mengakibatkan 7.300 orang tewas atau hilang saat menghantam wilayah tengah Filipina, akhir tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com