Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Siaga Topan Terbesar dalam Beberapa Dekade

Kompas.com - 08/07/2014, 08:50 WIB
TOKYO, KOMPAS.com - Jepang, Selasa (8/7/2014), bersiap menghadapi hantaman gelombang kuat dan merusak dari topan yang mulai bergeser meninggalkan wilayah Filipina.

Topan Neoguri diperkirakan mencapai Okinawa pada Selasa dengan kecepatan 198 kilometer per jam hingga 270 kilometer per jam, berdasarkan data dari Badan Meteorologi Jepang.

Menurut badan ini, Topan Neoguri bisa menjadi salah satu topan terkuat yang melanda Jepang dalam beberapa dekade terakhir, dengan ketinggian ombak diperkirakan mencapai 14 meter.

"Ada risiko (hembusan) angin (dengan kekuatan) yang belum pernah terjadi sebelumnya, disertai hujan lebat. Silakan menahan diri dari kegiatan di luar ruangan yang tidak penting," kata petugas Badan Meteorologi Jepang, Satoshi Ebihara.

Badan ini mengeluarkan peringatan khusus untuk angin kencang, hujan deras, dan rob. Gerakan lambat badai, menurut prakiraan cuaca, akan memperbesar potensi kerusakan dari topan ini.

Laporan televisi menunjukkan pekerja di Okinawa mengikat kawat ke pohon-pohon palem untuk membantu meminimalkan kerusakan. Pada Selasa pagi, penyiar NHK mengatakan 450 orang telah dievakuasi dari pulau utama Okinawa dan ribuan rumah telah diputus aliran listriknya.

Pemimpin Pemerintah Jepang mengadakan pertemuan darurat serta mendesak pemerintah daerah dan warga untuk mengambil tindakan pencegahan semaksimal mungkin. Prakiraan cuaca menunjukkan badai sedang mengarah ke pulau Kyushu dan melintasi pulau utama Jepang, Honshu.

Ebihara memperingatkan topan ini diperkirakan akan memunculkan banyak kerusakan, mulai dari terputusnya aliran listrik, tanah longsor, dan beragam kerusakan lainnya. Selain angin, ancaman hujan besar juga menjadi bagian dari peringatan pemerintah Jepang kepada warganya.

Filipina terhindar dari keganasan Topan Neoguri, yang melintasi negara itu dengan jarak terdekat 480 kilometer dari daratan pada Senin (7/7/2014) malam. Meskipun topan tidak sampai melintasi daratan, hujan deras sebagai imbas topan tersebut mengguyur beberapa wilayah di bagian barat Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com