Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Mewah Pemimpin ISIS Hebohkan Media Sosial

Kompas.com - 07/07/2014, 19:03 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, kini menjadi salah satu sosok yang paling dicari sekaligus misterius karena sangat jarang tampil di muka publik.

Pekan lalu, tepatnya pada Sabtu (5/7/2014), Al-Baghdadi tampil di muka publik. Ini merupakan penampilan pertamanya sejak memproklamasikan Kekalifahan Islam di wilayah Irak dan Suriah yang kini diduduki ISIS.

Penampilan langka Al-Baghdadi ini langsung menjadi pembicaraan di media sosial seperti Twitter dan Facebook. Namun, sebagian besar bukan membahas pernyataan sang kalifah, melainkan membahas penampilan Al-Baghdadi.

Saat tampil memberi ceramah di hadapan para pengikutnya di kota Mosul, Irak, Al-Baghdadi terlihat mengenakan sebuah jam tangan mewah yang kemudian menjadi perbincangan hangat di dunia maya.

Para pengguna media sosial berspekulasi soal merek jam tangan itu. Sebagian pengguna media sosial menduga jam tangan Al-Baghdadi adalah Rolex Sekonda, Tag Heuer, atau Hublot.

Sebagian yang lain meyakini bahwa jam tangan Al-Baghdadi adalah Omega Seamaster yang berharga 6.400 dollar AS atau lebih dari Rp 65 juta. Jam tangan ini pula yang digunakan Daniel Craig saat memerankan tokoh agen rahasia Inggris, James Bond.

"Kalifah kami mengenakan jam tangan Swiss. Apa mereknya dan dari mana dia mendapatkan uangnya?" tulis pengguna Twitter bernama Malas Qalani.

Beberapa pengguna Twitter lain malah berkomentar jauh lebih keras.

"Jika kau mengeluhkan merek jam tangan itu, kau akan dipancung," kata A_Al_Shammari.

"Itu jam tangan kafir," ujar pengguna lain Twitter, Fatenn Mostafa.

Sejumlah jurnalis juga mendiskusikan merek jam tangan Al-Baghdadi.

"Yang lebih penting apakah jam tangan itu menghitung mundur serangan drone terhadapnya," kata Ayman Moyedin, seorang wartawan Mesir yang bekerja untuk NBC News.

Apa pun merek jam tangan yang digunakan Al-Baghdadi, benda itu dengan jelas merefleksikan kekayaan ISIS yang bulan lalu memperoleh uang sebesar 470 juta dollar AS hasil dari menjarah semua bank di kota Mosul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com