Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, 30.000 Orang Mengungsi karena ISIS

Kompas.com - 07/07/2014, 09:17 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Aksi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) lagi-lagi telah menyebabkan tak kurang dari 30.000 warga kota kecil di timur Suriah harus mengungsi, setelah kelompok milisi tersebut merebut kota Shahel.

Berdasarkan pernyataan pemantau Suriah bagi hak asasi manusia, Minggu (6/7/2014), warga sipil itu dipaksa meninggalkan rumah mereka pada akhir pekan lalu, menuju wilayah di dekat Provinsi Deir Az-Zour.

Shahel adalah kota kecil di pinggiran provinsi penghasil minyak di Suriah, Deir Az-Zour. Sebelumnya wilayah ini dikuasai front An-Nusra yang berseberangan dengan ISIS. Namun, An-Nusra memilih mundur dari kota tersebut setelah banyak kelompok milisi lain mengangkat sumpah setia kepada ISIS.

Sementara itu, hampir separuh ladang minyak di Deir Az-Zour sudah dikuasai ISIS, kecuali satu ladang minyak di pinggiran kota. Belum lama ini ISIS telah memproklamasikan kekhalifahan Islam yang mencakup Irak dan Suriah.

Pemimpin kelompok ini, Abu Bakr Al-Baghdadi, menyatakan tujuan mereka adalah memerangi pemerintahan Syiah Perdana Menteri Irak Nuri Al-Maliki dan pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Jabatan senior di pemerintahan Assad diisi oleh tokoh Alawi yang berasal dari Bashar dan merupakan cabang kelompok Syiah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com