Kompas.com - 04/07/2014, 20:29 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com — Angkatan Darat Irak berhasil mengusir pemberontak Sunni dari desa Awja yang merupakan tempat kelahiran Saddam Hussein. Demikian pernyataan kepolisian dan militer Irak, Jumat (4/7/2014).

Dalam serangan balasan, pasukan pemerintah yang didukung milisi Syiah dengan bantuan sejumlah helikopter tempur merebut kembali desa Awja, Kamis (3/7/2014) malam.

Kepolisian Irak mengatakan, tiga pemberontak tewas dalam baku tembak selama satu jam dan pasukan utama pemberontak melarikan diri ke tepian timur Sungai Tigris di seberang desa Awja.

Sementara itu, stasiun televisi pemerintah mengutip pernyataan juru bicara militer, Qasin Atta, mengabarkan bahwa desa Awja sudah sepenuhnya dikuasai dan 30 orang pemberontak tewas.

Angkatan darat mengatakan telah menguasai wilayah sejauh 50 kilometer sepanjang jalan raya antara Samarra dan Awja yang terletak 100 kilometer dari ibu kota Baghdad.

Meski demikian, pasukan pemerintah masih terus mendapatkan serangan dari militan Sunni, sementara kota Tikrit yang terletak beberapa kilometer ke arah utara desa Awja masih berada dalam genggaman pemberontak.

Kota Tikrit jatuh ke tangan pemberontak Sunni pimpinan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), ketika melakukan serangan kilat beberapa pekan lalu. ISIS kini menguasai sebagian besar wilayah utara Irak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.