Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Irak Usir ISIS dari Desa Kelahiran Saddam Hussein

Kompas.com - 04/07/2014, 20:29 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Angkatan Darat Irak berhasil mengusir pemberontak Sunni dari desa Awja yang merupakan tempat kelahiran Saddam Hussein. Demikian pernyataan kepolisian dan militer Irak, Jumat (4/7/2014).

Dalam serangan balasan, pasukan pemerintah yang didukung milisi Syiah dengan bantuan sejumlah helikopter tempur merebut kembali desa Awja, Kamis (3/7/2014) malam.

Kepolisian Irak mengatakan, tiga pemberontak tewas dalam baku tembak selama satu jam dan pasukan utama pemberontak melarikan diri ke tepian timur Sungai Tigris di seberang desa Awja.

Sementara itu, stasiun televisi pemerintah mengutip pernyataan juru bicara militer, Qasin Atta, mengabarkan bahwa desa Awja sudah sepenuhnya dikuasai dan 30 orang pemberontak tewas.

Angkatan darat mengatakan telah menguasai wilayah sejauh 50 kilometer sepanjang jalan raya antara Samarra dan Awja yang terletak 100 kilometer dari ibu kota Baghdad.

Meski demikian, pasukan pemerintah masih terus mendapatkan serangan dari militan Sunni, sementara kota Tikrit yang terletak beberapa kilometer ke arah utara desa Awja masih berada dalam genggaman pemberontak.

Kota Tikrit jatuh ke tangan pemberontak Sunni pimpinan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), ketika melakukan serangan kilat beberapa pekan lalu. ISIS kini menguasai sebagian besar wilayah utara Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com