Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Inggris Imbau Umat Muslim Tidak Berperang di Irak dan Suriah

Kompas.com - 04/07/2014, 17:25 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Lebih dari 100 ulama di Inggris menulis surat kepada masyarakat Muslim di negara itu yang berisi seruan agar mereka tidak pergi ke Suriah dan Irak untuk ikut bertempur.

Surat terbuka tersebut juga berisi ajakan agar dukungan atau bantuan dari Inggris diberikan secara bertanggungjawab dan agar warga Muslim tidak terjebak ke dalam perpecahan sektarian. Menurut para ulama Islam di Inggris, seruan ini hanyalah salah satu cara.

"Saya pikir jelas terdapat banyak hal yang perlu dilakukan dan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab masyarakat Muslim atau imam tetapi juga badan-badan penegak hukum, badan intelijen," kata salah satu penanda tangan surat, Qari Mohammed Asim, imam Masjid Makkah di Leeds.

"Kami semua perlu bekerja sama dalam kemitraan untuk memastikan bahwa anak-anak muda Muslim di Inggris tidak dijadikan sasaran oleh mereka yang ingin memanfaatkan orang lain guna mewujudkan tujuan politik mereka sendiri," tambah pemuka agama di Inggris utara itu.

Surat terbuka para imam dikeluarkan menyusul pengumuman pihak berwenang Inggris bahwa sekitar 500 warga Inggris telah pergi berperang ke Suriah dan Irak. Seorang pria Inggris mengatakan kepada BBC bahwa ia tidak akan pulang sebelum "bendera hitam Islam" berkibar di Istana Buckingham.

Pria tersebut mengatakan ia berada di Suriah selama 12 bulan, mengikuti latihan militer, membuat bom dan menembak musuh. Menurutnya, musuh adalah siapa pun yang berusaha menghalang-halangi pendirian kekhalifahan atau negara Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com