Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Twitter, ISIS Ancam Hancurkan Mekkah

Kompas.com - 03/07/2014, 18:51 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Seorang petinggi negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dikabarkan telah melontarkan ancaman lewat akun Twitter-nya. Petinggi ISIS bernama Abu Turab Al Mugdassi itu mengancam organisasinya akan menghancurkan kota suci umat Islam sedunia, Mekkah, di Arab Saudi.

Mugdassi mengatakan akan menghancurkan Kabah. "Orang pergi ke Mekkah untuk menyentuh batu itu, bukan bertemu Allah," kata Al Mugdassi melalui akun Twitter-nya.

Sejumlah media di Timur Tengah mengabarkan ancaman yang dilontarkan lewat Twitter itu. Setelah kabar itu beredar, akun Twitter milik Al Mugdassi itu sudah tak bisa lagi dibuka. Jika ancaman ini dapat diverifikasi kebenarannya, ancaman ini sangat mengejutkan karena datang dari kelompok yang ingin membentuk kekhalifahan Islam itu.

Terlepas dari belum diverifikasinya ancaman ISIS itu, kelompok itu dikabarkan tengah merencanakan untuk merebut kota Arar, Arab Saudi, yang terletak sangat dekat dengan perbatasan Irak.

Kota Arar ini hanya berjarak 15 jam perjalanan darat dari Mekkah, yang setiap tahun menjadi tujuan ibadah haji umat Muslim di seluruh dunia.

Saat ini, Pemerintah Arab Saudi sudah menggerakkan 30.000 prajuritnya ke sepanjang perbatasan kerajaan itu dengan Irak, terutama setelah Baghdad menarik mundur pasukannya dari wilayah perbatasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com