Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh... Kenapa "Septic Tank" Gampang Penuh!

Kompas.com - 02/07/2014, 13:50 WIB
KOMPAS.com - Salah satu masalah yang terjadi pada septic tank adalah limbah di dalamnya penuh. Meskipun usianya baru seumur jagung, septic tank nyatanya sudah padat atau gampang penuh. Apa sebabnya?

Masalah septic tank penuh bisa diakibatkan oleh saluran air yang kurang baik. Idealnya, setiap septic tank memiliki saluran yang baik, entah menuju ke saluran air atau sumur resapan. Jika air tanah tinggi, limbah septic tank biasanya akan sulit disalurkan. Terlebih ketika musim hujan tiba, debit air di dalam tanah akan lebih tinggi sehingga daya serap limbah ke tanah berkurang.

Menurut Widijanto RMA, Ing. Arch, Deputi Director dari Dusaspun, produsen septic tank, benda-benda padat hasil kotoran manusia yang tidak tercerna sempurna pun dapat mengakibatkan septic tank penuh. Untuk mengatasi masalah ini, septic tank perlu dipompa oleh perusahaan jasa sedot limbah.

Untuk mengatasi masalah seperti itu, septic tank perlu dipompa oleh jasa sedot toilet. Akan tetapi, harus diperhatikan apakah debit air atau tekanan air di dalam tanah sedang tinggi atau tidak. Anda dapat juga dengan memasukkan obat penumbuh bakteri atau bibit bakteri yang dapat dibeli toko-toko swalayan atau bahan bangunan. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan kerja septic tank.

(SELVIA MARTIANI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com