Kompas.com - 30/06/2014, 19:57 WIB
EditorErvan Hardoko
JERUSALEM, KOMPAS.com — Pemerintah Israel, Senin (30/6/2014), memperingatkan Hamas untuk mencegah penembakan roket dari Gaza di tengah kekhawatiran munculnya konfrontasi baru di sekitar wilayah kantong Palestina itu.

Sepanjang Senin, sebanyak 14 roket ditembakkan dari Gaza ke wilayah Israel. Akibatnya, PM Benjamin Netanyahu memperingatkan agar Hamas menindak para pelaku penembakan sebelum pasukan Israel turun tangan.

"Jika penembakan roket ini terus terjadi, hanya ada dua kemungkinan, yaitu Hamas menghentikannya sebagai bentuk tanggung jawab penguasa wilayah atau kami yang menghentikannya," kata Netanyahu.

Sejak Jumat (27/6/2014), sedikitnya 26 roket dan peluru mortir mendarat di wilayah selatan Israel, dan empat lainnya rontok dicegat sistem anti-roket Israel.

Sebagai respons penembakan roket itu, Angkatan Udara Israel menyerang Gaza dan menewaskan setidaknya tiga anggota kelompok militan di wilayah itu.

Peningkatan jumlah tembakan roket dari Gaza seiring dengan terus meningkatnya jumlah warga Palestina di Tepi Barat yang ditahan Israel dalam operasi pencarian tiga remaja yang hilang sejak 12 Juni lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.