Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Kunjungan Xi Jinping ke Seoul, Korut Kembali Luncurkan Misil

Kompas.com - 29/06/2014, 08:10 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Militer Korea Utara menembakkan misil balistik ke laut timur negara tersebut Minggu pagi ini (29/6/2014). Hal ini memicu ketegangan baru dengan negara-negara tetangganya.

Hal itu dilakukan setelah Pyongyang melakukan aksi yang sama tiga hari sebelumnya. "Korea Utara kembali menembakkan rudal ke Laut Jepang pada pukul 05.00 Minggu pagi," ujar juru bicara Menteri Pertahanan Korea Selatan sebagaimana dikutip dari AFP.

Namun demikian, juru bicara itu tidak bersedia menyebutkan secara detail mengenai jenis misil yang ditembakkan itu. Akan tetapi, kantor berita Korea Selatan, Yonhap menyebutkan jenis misil yang ditembakkan adalah misil yang memiliki jangkauan sekitar 500 kilometer (300 mil).

Peluncuran yang terakhir ini diperkirakan yang ketiga kalinya dilakukan Pyongyang untuk unjuk kekuatan, menjelang kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Seoul.

Pada 3-4 Juli, Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan. Sekaligus menandai kunjungan pertama pemimpin Tiongkok ke Seoul untuk yang pertama kalinya dalam dua dekade terakhir. Setelah itu, Xi Jinping akan melanjutkan perjalanannya ke Korea Utara.

China sejauh ini menjadi satu-satunya negara yang menjadi mitra utama Korea Utara dalam perdagangan dan politik, di tengah isolasi yang dilakukan oleh negara lain.

Korea Utara kerapkali meluncurkan misil jarak pendek sebagai bentuk ekspresi kemarahan dan memprovokasi Korea Selatan. Pada Maret lalu misalnya, Korea Utara meluncurkan roket pada saat Seoul dan Washington tengah melakukan latihan militer bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com