Kompas.com - 29/06/2014, 02:49 WIB
EditorErvan Hardoko

FREETOWN, KOMPAS.com - Pemerintah Sierra Leone, Sabtu (28/6/2014), memperingatkan bahwa menyembunyikan pasien yang terjangkit virus Ebola adalah pelanggaran pidana berat di negeri itu.

Kementerian Kesehatan Sierra Leone mengatakan beberapa pasien telah melarikan diri dari rumah sakit di distrik Kenema, yang merupakan pusat wabah Ebola.

WHO menyebut kebijakan ini sebagai "tindakan drastis" untuk mengendalikan wabah Ebola di Afrika Barat, yang telah menewaskan 400 orang.

Ini adalah wabah terbesar dalam kasus, kematian dan penyebaran secara geografis. Tercatat lebih dari  600 kasus ebola di Guinea, di mana wabah dimulai empat bulan lalu, dan negara tetangga Sierra Leone dan Liberia.

Enam puluh persen dari pasien yang terjangkit virus ebola telah meninggal dunia. WHO mengatakan bahwa di Sierra Leone terdapat 46 orang korban tewas dari total 176 pasien yang positif terjangkit virus ebola.

WHO telah mengirim 150 orang pakar ke wilayah itu untuk membantu mencegah virus menyebar lebih luas lagi.

Dr Shek Moar Khan, yang bekerja dengan pasien Ebola di rumah sakit pemerintah Kenema mengatakan, timnya mendapatkan penolakan keras ketika mereka berusaha memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penyakit itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.