Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2014, 00:48 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Militer Irak, Sabtu (28/6/2014), menggelar operasi militer untuk merebut kembali kota Tikrit dari tangan militan Sunni yang dipimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Para prajurit Irak terlibat baku tembak dengan para anggota kelompok militan di sekitar kota dan jet-jet tempur menghujani posisi militan di dalam kota dengan bom.

Seorang perwira senior Irak mengatakan pihaknya telah berkordinasi dengan Washington, yang mengirim para penasihat militer untuk membantu mengusir kelompok militan yang mencaplok sebagian wilayah lima provinsi di utara dan barat Baghdad.

"Sebuah operasi militer besar dimulai hari ini (Sabtu) untuk membersihkan kota Tikrit dari ISIS. Anggota ISIS tak punya pilihan, tinggalkan kota atau mati," kata Letnan Jenderal Sabah Fatlawi.

Sejumlah drone AS yang dipersenjatai terbang melintas di atas kota Tikrit untuk memberikan perlindungan untuk para penasihat dan diplomat AS dari serangan militan pimpinan ISIS.

Sebelumnya, pasukan Irak yang diterbangkan ke dalam kota Tikrit menggunakan helikopter berhasil menguasai gedung universitas yang strategis pada Kamis lalu dan terlibat baku tembak sporadis sepanjang Jumlat.

Militer Irak yakin menguasai gedung universitas itu merupakan langkah awal dari langkah selanjutnya yaitu menguasai Tikrit, salah satu kota terbesar yang dikuasai ISIS. Pasukan Irak kini juga menguasai sepenuhnya jalan utama antara Baghdad dan Samarra, yang terletak antara ibu kota dan Tikrit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com