Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Kembali Uji Coba Roket Canggih

Kompas.com - 27/06/2014, 20:06 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Media Korea Utara mengatakan Pyongyang berhasil melakukan uji coba atas rudal yang disebut canggih dengan presisi tinggi. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un disebutkan menyaksikan uji coba terbaru ini dan merasa puas dengan hasilnya.

Laporan tersebut tidak merinci waktu peluncuran namun Korea Selatan mengatakan Pyongyang melepas tiga tembakan proyektil jarak dekat pada Kamis (26/6/2014). Tidak diketahui jenis proyektil yang ditembakkan dan uji coba penembakan jarak dekat bukan hal yang tidak biasa dilakukan Korea Utara.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan Pyongyang sudah lama mencoba untuk meningkatkan sistem peluncuran roket berkaliber besar dan secara perlahan-lahan jangkauan roket-roket negara itu semakin meningkat.

Beberapa pengamat mengatakan pengumuman terbaru Korea Utara ini dimaksudkan meyampaikan peningkatan kemampuan militernya.

Ketegangan antara kedua Korea meningkat belakangan ini dan Mei lalu Pyongyang melepas tembakan ke laut yang menjadi sengketa dan jatuh di dekat sebuah kapal perang Korea Selatan.

Pada Februari 2014, Korut menembakkan empat rudal jarak pendek ke laut, yang dilihat sebagai respon terhadap latihan militer Korea Selatan dengan Amerika Serikat.

Korea Utara dan Selatan pada prinsipnya masih dalam keadaan perang karena perang Korea pada 1950-1953 berakhir dengan gencantan senjata dan bukan traktat perdamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com