Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Ancam Serang AS jika Film Upaya Pembunuhan Kim Jong Un Dirilis

Kompas.com - 26/06/2014, 21:34 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Utara mengancam akan menyerang AS tanpa ampun jika film komedi The Interview yang berkisah tentang upaya pembunuhan Kim Jong Un tetap beredar.

Dalam komentar resmi pertamanya terkait film arahan Evan Goldberg itu, jika Pemerintah AS tidak menghentikan rilis film itu, maka Korea Utara akan menganggap AS telah menyatakan perang.

Komentar yang disampaikan seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Utara yang dimuat KCNA itu memang tak menyebutkan judul film yang dimaksud. Namun, sangat jelas bahwa kritik itu ditujukan untuk film komedi yang akan dirilis di AS pada 14 Oktober lalu.

Tampaknya jalan cerita film komedi itu mengusik rezim Korea Utara yang menganggap serius semua perlakuan yang dianggap menghina pemimpin mereka.

Dalam film itu, kedua pemeran utama, Seth Rogen dan James Franco, memerankan dua orang jurnalis televisi yang mendapat kesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif dengan Kim Jong Un. Kedua jurnalis itu kemudian direkrut dinas rahasia AS, CIA, untuk membunuh Kim Jong Un.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara menyebut pembuat film itu sebagai gangster dan menggambarkan film itu sebagai sebuah "kegilaan provokatif AS".

Para pejabat Korea Utara mengatakan, film itu menyulut kebencian dan kemarahan di antara rakyat dan militer Korea Utara, meskipun sebenarnya film itu bahkan belum dirilis di AS, negara pembuatnya.

Dalam film itu, yang sejauh ini baru muncul sebatas trailer resmi, Kim Jong Un diperankan aktor AS berdarah Korea, Randall Park. Di situ, Kim Jong Un digambarkan sebagai sosok pria dengan berat badan berlebihan dan pecandu cerutu.

Sejauh ini tidak diketahui apakah Kim Jong Un yang pernah menimba ilmu di Eropa dan sangat menyukai kompetisi basket NBA sudah melihat trailer resmi The Interview.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com