Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Kaum Gay sebagai Kotoran, Penyanyi Opera Dipecat

Kompas.com - 23/06/2014, 17:49 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Penyanyi opera asal Georgia, Tamar Iveri, tidak jadi tampil bersama Opera Australia dalam produksi yang akan dipentaskan setelah kontraknya diakhiri terkait komentarnya yang menyamakan gay dan lesbian dengan kotoran.

Tamar semula akan memegang peran utama sebagai Desdemona dalam pergelaran opera "Otello" bulan depan di Sydney. Namun, akibat komentarnya itu, Opera Australia menegaskan, kontrak Tamar sudah diakhiri.

Tekanan terhadap Opera Australia agar mengambil tindakan memuncak pada akhir pekan lalu terkait komentar Tamar tentang kelompok gay dan lesbian yang diunggah di akun Facebook-nya.

Sebenarnya, Tamar telah meminta maaf dan mengatakan, dia sangat terkejut dan sedih mendengar laporan di media, dan menyalahkan suaminya atas komentar itu.

Namun dalam sebuah pernyataan, Opera Australia mengatakan, pandangan Tamar itu, seperti dimuat di laman Facebook-nya, dinilai sangat tidak layak. Dia juga akan tampil dalam opera  "Tosca" di Melbourne tahun ini, dan akibat masalah ini kepastian Tamar tampil di Melbourne menjadi tidak jelas.

Jed Horner dari organisasi New South Wales Gay and Lesbian Rights Lobby mengatakan, pemutusan kontrak Tamar merupakan perkembangan positif yang sebenarnya sudah lama dinantikan.

"Opera Australia seharusnya memeriksa latar belakang orang ini karena ada dugaan bahwa ini bukan pertama kalinya (dia berkomentar). Komentar-komentar itu seharusnya ditangani oleh Opera Australia saat pertama kali muncul," kata Horner.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com