Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Posisi Suriah di Golan

Kompas.com - 23/06/2014, 10:34 WIB
QUNEITRA, KOMPAS.COM — Israel melancarkan serangan udara balasan terhadap posisi tentara Suriah di Dataran Tinggi Golan semalam setelah seorang remaja Israel tewas dalam sebuah serangan Suriah. Demikian kata pihak militer Senin (23/6/2014) dini hari. "IDF (Angkatan Bersenjata Israel) menyasar sembilan posisi tentara Suriah dalam menanggapi serangan sebelumnya yang bersumber dari Suriah yang menewaskan seorang remaja Israel dan melukai dua warga sipil Israel lainnya," kata seorang juru bicara militer.

Aksi hari Minggu itu menandai eskalasi paling serius sepanjang garis gencatan senjata dengan Suriah sejak Perang Timur Tengah 1973.

Menteri Pertahanan Israel memperingatkan, Damaskus akan membayar "harga tinggi" karena membantu kaum militan yang bertekad merugikan negara Yahudi itu.

Lokasi-lokasi yang disasar serangan balasan Israel mencakup "markas militer Suriah dan posisi peluncuran", dan "sejumlah serangan langsung telah dikonfirmasi". Demikian kata pernyataan Letnan Kolonel Peter Lerner, juru bicara untuk pers asing militer Israel.

Belum ada laporan tentang korban di pihak Suriah.

Serangan udara itu terjadi setelah seorang remaja 13 tahun yang merupakan putra seorang pegawai kementerian pertahanan Israel tewas di Golan pada Minggu pagi. Korban yang merupakan warga Israel keturunan Arab itu bernama Mohammed Qaraqra, yang berasal dari desa Arabeh di wilayah Galilea. Demikian kata radio militer.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam serangan mematikan itu. "Musuh-musuh Israel tidak akan berhenti," kata Netanyahu kepada ayah Qaraqra melalui telepon, sebagaimana dilaporkan kantor perdana menteri itu. "Mereka tidak akan berhenti menyerang warga sipil atau bahkan membunuh anak-anak seperti yang terjadi pada pagi ini," tambah Netanyahu.

Kementerian Pertahanan Israel mengatakan, remaja itu tewas ketika sebuah ledakan menghantam mobil yang ia tumpangi bersama ayahnya dan seorang pegawai kementerian pertahanan lain.

Sumber-sumber militer mengatakan, kendaraan itu milik kementerian pertahanan dan sedang digunakan "sebagai bagian dari pekerjaan konstruksi di perbatasan".

Lerner mengatakan, tentara "tidak yakin apakah bahan peledak, roket atau mortir" yang menghantam mobil itu, seraya mencatat bahwa ada lubang di dekat pagar perbatasan. "Serangan kemarin merupakan tindakan agresi tak beralasan terhadap Israel ... IDF tidak akan menoleransi setiap upaya untuk melanggar kedaulatan Israel dan akan bertindak untuk melindungi warga sipil Israel," tegas Lerner.

"Ini merupakan insiden paling besar di perbatasan dengan Suriah sejak awal perang saudara," katanya sebelumnya. Ia memastikan bahwa korban merupakan kematian pertama di sisi Israel sejak terjadinya perang sipil di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com