Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIA Sempat Ciptakan Boneka "Mata Iblis" untuk Lawan Osama bin Laden

Kompas.com - 20/06/2014, 13:39 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Selama lebih dari satu dekade, CIA mengerahkan sejumlah drone (pesawat tanpa awak), satelit, agen mata-mata, informan, dan perangkat pelacak untuk mengalahkan Al Qaeda di Pakistan.

Namun, CIA mengungkapkan, pada suatu ketika, lembaga itu pernah mempertimbangkan untuk menciptakan dan menggunakan jenis senjata yang sangat berbeda dalam perang melawan terorisme,  yaitu boneka. Boneka tersebut berupa sosok Osama bin Laden dengan wajah seperti iblis.

Lembaga mata-mata itu mulai secara diam-diam membuat boneka Osama pada 2005, sebagaimana pertama kali dilaporkan harian Washington Post, Kamis (19/6/2014), dan menggunakan bantuan dari mantan kepala perusahaan mainan Hasbro, Donald Levine.

Levine telah membantu mengembangkan sosok GI Joe (tentara AS).

Rencana yang diusulkan CIA, menurut laporan Washington Post, adalah untuk menghasilkan sejumlah boneka, dengan wajah merah cerah dan mata hijau seram dan membagi-bagikannya kepada anak-anak di Afganistan dengan harapan hal itu membuat mereka berpaling dari pemimpin Al Qaeda tersebut. Di kalangan para pelaksana proyek itu, boneka tersebut diberi julukan "Mata Iblis".

Namun, CIA membatalkan rencana itu setelah meninjau tiga prototipe boneka tersebut. Demikian kata juru bicara CIA kepada CNN.

"Ide sosok itu diusulkan dan ditolak CIA sebelum sempat melewati tahap prototipe," kata Dean Boyd, juru bicara CIA. "Sepengetahuan kami, hanya ada tiga sosok individu yang pernah diciptakan dan itu semata-mata untuk menunjukkan seperti apa produk finalnya akan terlihat. Setelah dipresentasikan dengan contoh-contoh itu, CIA menolak untuk melanjutkan ide tersebut dan tidak memproduksi atau mendistribusikan sosok itu. Selanjutnya, CIA tidak tahu apakah sosok itu pernah diproduksi atau didistribusikan oleh orang lain."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com