Kompas.com - 20/06/2014, 07:54 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Presiden Barack Obama mengatakan, Amerika Serikat siap untuk melakukan aksi militer terhadap kelompok militan di Irak. Obama mengatakan aksi itu akan dilakukan "bila situasi di lapangan memerlukannya".

Namun ia menekankan, "pasukan Amerika tidak akan kembali bertempur di Irak." Ia mengatakan sekitar 300 penasehat militer akan dikirim untuk membantu pemerintah Irak.

Tetapi Obama menekankan tidak "ada solusi militer" dalam krisis ini dan yang diperlukan adalah solusi politik.

Pemerintah Irak telah meminta Amerika Serikat untuk melakukan serangan udara terhadap militan yang dipimpin oleh kelompok Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL) yang menguasai sejumlah tempat dalam 10 hari terakhir.

Selain mengirim penasehat militer, Obama mengatakan Amerika Serikat akan meningkatkan upaya intelijen dan mendirikan "pusat operasi bersama di Baghdad dan di Irak utara, untuk berbagi informasi intelijen dan merencanakan koordinasi".

Ribuan warga Syiah dari Irak selatan secara sukarela membantu tentara Irak. Milisi Syiah telah dikerahkan untuk membantu pertahanan ibu kota Propinsi Diyala yang secara efektif menjadi garis depan dan di dekat kota Samarra, lokasi tempat suci Syiah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.