Kompas.com - 18/06/2014, 16:57 WIB
EditorErvan Hardoko
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Hassan Rohani, Rabu (18/6/2014), mengatakan, Iran akan melakukan apa pun untuk melindungi tempat-tempat suci Syiah di Irak terkait gelombang serangan kelompok militan ISIS yang memerangi Pemerintah Baghdad.

"Wahai Karbala, Najaf, Kadhimiyah, dan Samarra, kami peringatkan para teroris, kami rakyat Iran yang agung akan melakukan apa pun untuk melindungi kota-kota itu," kata Rohani dalam pidato emosional di Khoramabad, tak jauh dari perbatasan Irak.

Dalam pidatonya itu, Presiden Rohani menyebut petisi yang ditandatangani ribuan warga Iran yang bersedia bertempur di Irak untuk menghancurkan teroris dan melindungi tempat-tempat suci yang dikunjungi ratusan ribu peziarah Iran setiap tahunnya.

"Terima kasih Tuhan, kami memiliki banyak sukarelawan Syiah, Sunni, dan Kurdi di Irak untuk memerangi teroris," tambah Rohani.

Warga Iran bertekad memenuhi ajakan ulama Syiah ternama, Ayatollah Ali al-Sistani, untuk menjadi sukarelawan dan memerangi kelompok militan ISIS di Irak yang sejauh ini sudah menduduki kota Mosul dan Tikrit yang berada tak jauh dari ibu kota Baghdad.

Lokasi-lokasi tempat suci Syiah di Irak terdapat di Najaf dan Karbala yang terletak di sebelah utara Baghdad. Tempat suci lain terdapat di distrik Khadimiyah, Baghdad, dan kota Samarra yang juga saat ini berada di bawah gempuran ISIS.

Pemerintahan Irak kini didominasi kelompok Syiah. PM Nuri al-Maliki sendiri adalah seorang politisi Syiah yang mengasingkan diri di Iran semasa Saddam Hussein berkuasa di Irak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.