Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Rilis Foto Eksekusi Prajurit Irak

Kompas.com - 16/06/2014, 20:04 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Para pejabat Irak, Senin (16/6/2014), membenarkan keaslian foto-foto yang dirilis kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), yang menampilkan pembantaian sekitar 1.700 tentara Irak yang memeluk Syiah.

Juru bicara militer Irak, Letnan Jenderal Qassim al-Moussawi, mengatakan telah memeriksa foto-foto itu dan memastikan setidaknya 170 prajurit Irak dieksekusi setelah ditangkap para pejuang ISIS di kota Tikrit.

Sementara itu, Pemerintah Amerika Serikat mengecam pembantaian yang dilakukan ISIS yang selama sepekan terakhir sudah menduduki sejumlah kota di sebelah utara ibu kota Baghdad.

Dengan kondisi yang semakin mengkhawatirkan di Irak, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Jen Psaki mengatakan, pemerintahnya berencana untuk mengevakuasi sebagian staf kedutaan besar dan memperketat keamanan kantor Kedubes AS di Baghdad.

Pemerintah Irak mengatakan sudah mengambil inisiatif dalam menghadapi para pejuang ISIS yang sudah menguasai dua kota besar, yaitu Mosul dan Tikrit, dan kini tengah bergerak maju menuju Baghdad.

Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengklaim, dalam 24 jam terakhir pasukan pemerintah sudah mulai mengambil alih inisiatif dan berhasil menewaskan sedikitnya 279 pejuang ISIS.

Namun, klaim Pemerintah Irak ini sulit diverifikasi kebenarannya. Sebab, berulang kali pemerintah selalu membesarkan jumlah korban di pihak militan dan selalu tertutup jika terkait korban di pihak militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com