Kompas.com - 12/06/2014, 23:14 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Sejumlah laporan menyebutkan, pasukan Pemerintah Irak, Kamis (12/6/2014), mulai melancarkan serangan udara atas posisi kelompok militan, ISIS, yang merebut kota Tikrit dan Mosul pekan ini.

Serangan tersebut berlangsung hanya beberapa jam setelah parlemen Irak tidak mencapai kesepakatan untuk menyatakan keadaan darurat, yang diminta oleh Perdana Menteri Nouri al-Maliki.

Sementara itu, ISIS menyatakan, mereka merencanakan serangan ke ibu kota Baghdad. Kelompok yang memiliki kaitan dengan Al Qaeda ini diperkirakan memiliki sekitar 3.000 sampai 5.000 pejuang.

Mereka memanfaatkan ketegangan antara Pemerintah Irak—yang didominasi kelompok Syiah—dan kelompok minoritas Sunni.

Seorang perwira militer mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pejuang ISIS sudah merebut kota Dhuluiyah, sekitar 90 kilometer dari Baghdad.

Di Baghdad sendiri, tempat-tempat pendaftaran sudah dibuka untuk warga sipil yang ingin bergabung dengan militer untuk melawan militan ISIS.

Dalam perkembangan lain, militer Kurdi mengklaim sudah mengendalikan kota Kirkuk yang kaya minyak setelah tentara nasional Irak meninggalkan kota tersebut.

Amerika Serikat sudah mengatakan siap untuk memberikan bantuan apa pun kepada Irak untuk melawan ISIS, sedangkan Pemerintah Iran—yang juga beraliran Syiah—mendesak kerja sama internasional dalam menghadapi militan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.