Kompas.com - 12/06/2014, 20:49 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Kamis (12/6/2014), mengatakan jatuhnya sejumlah kota besar Irak ke tangan kelompok militan ISIS merupakan bentuk kegagalan invasi pimpinan AS ke negeri itu.

"Apa yang terjadi di Irak saat ini merupakan kegagalan total petualangan AS dan Inggris. Persatuan Irak kini dalam bahaya," kata Lavrov merujuk invasi militer AS pada 2003 untuk menggulingkan Saddam Hussein.

"Kami sangat khawatir dengan situasi di Irak. Sudah sejak lama kami memperingatkan bahwa petualangan AS dan Inggris tak akan berakhir baik," tambah Lavrov.

Lavrov menambahkan Rusia mendukung para pemimpin Irak dalam kondisi yang tak menentu ini.

"Kami mendukung pemerintah dan rakyat Irak yang sedang memulihkan perdamaian dan keamanan di negeri mereka namun aksi kawan-kawan Barat kami menimbulkan pertanyaan besar," kata Lavrov.

Para pejuang kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menggelar serangan militer besar-besaran yang dimulai Senin (9/6/2014) malam dan sejauh ini berhasil menguasai sejumlah provinsi dan tengah maju menuju Baghdad.

Pemerintah AS mengatakan siap membantu Irak, sementara Inggris memutuskan tidak akan mengirim pasukan kembali masuk ke negara yang dikoyak perang itu.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan konflik di Suriah terbukti merembes ke negara-negara tetangganya. Menurut Lavrov, pernyataan Hague itu tidak lebih dari sebuah sinisme.

"Kami memahami bahwa kolega Inggris kami memiliki sebuah kemampuan unik untuk memutarbalikkan fakta. Meski demikian saya tak menyangka mendengar sinisme semacam ini," ujar Lavrov.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.