Kompas.com - 12/06/2014, 19:07 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com — Abu Bakr al-Baghdadi adalah nama perang dari komandan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), kelompok militan yang secara dramatis menguasai dua kota terbesar di Irak hanya dalam waktu dua hari.

Menggunakan sebuah taktik yang tak lazim, Al-Baghdadi memimpin para pejuangnya menuju ke ibu kota Irak, Baghdad. Baghdadi memiliki ambisi besar, yaitu mendirikan sebuah kekhalifahan Islam yang terbentang dari Suriah hingga ke Irak dan jika memungkinkan lebih luas lagi.

Dengan kesuksesannya itu, Al-Baghdadi kerap disebut-sebut sebagai penerus Osama bin Laden sebagai tokoh militan paling ditakuti di dunia. Bedanya, Al-Baghdadi membawa personifikasi yang berbeda ke dalam misi-misinya.

Tak berwajah

Berbeda dengan Osama bin Laden, Al-Baghdadi bukan tipe dalang teror yang duduk di sebuah goa dan mengancam dunia lewat pesan-pesan video. Hal seperti itu masih dilakukan Ayman al-Zawahiri, pemimpin Al Qaeda saat ini.

Hingga saat ini , wajah dan penampilan Al-Baghdadi masih menjadi misteri. Hanya ada dua foto dirinya di seluruh dunia. Salah satu foto dirilis AS, yang menghargai kepala Baghdadi sebesar 10 juta dollar AS. Satu foto lagi disebarkan oleh Pemerintah Irak.

Selain "tak berwajah", Al-Baghdadi memiliki banyak nama, termasuk Abu Du'a dan Dr Ibrahim.
Meski namanya belum banyak didengar dunia, ada banyak alasan mengapa Al-Baghdadi mendapatkan begitu banyak dukungan dari kelompok-kelompok militan.

"Selama 10 tahun terakhir atua lebih, Zawahiri bersembunyi di wilayah perbatasan Afganistan-Pakistan dan tidak melakukan banyak hal selain sejumlah pernyataan dan video," kata Richard Barrett, mantan direktur kontraterorisme MI6, badan intelijen luar negeri Inggris.

"Sementara itu, Baghdadi melakukan banyak hal luar biasa. Dia merebut sejumlah kota. Dia memobilisasi banyak orang, dan dia banyak membunuh orang di Irak dan Suriah," tambah Barrett.

"Jika Anda orang yang mencari aksi, Anda akan mencari Al-Baghdadi," demikian Barrett.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.