Kompas.com - 12/06/2014, 17:09 WIB
EditorErvan Hardoko

BANGKOK, KOMPAS.com - Pemerintah militer di Thailand, Kamis (12/6/2014) memerintahkan lembaga-lembaga penyiaran untuk memastikan bahwa semua pertandingan Piala Dunia bisa ditonton secara cuma-cuma.

Hak untuk menyiarkan Piala Dunia di Thailand sudah dibeli perusahaan swasta dan junta militer akan membayar kompensasi jika pertandingan disiarkan melalui saluran-saluran televisi tidak berbayar.

Wartawan BBC di Bangkok, Jonathan Head, mengatakan menggratiskan siaran Piala Dunia adalah bagian dari upaya pemerintah militer mendapatkan simpati dari rakyat, yang banyak menentang  kudeta bulan lalu.

Junta militer bertindak setelah regulator telekomunikasi Thailand gagal dalam banding untuk membuat RS International Broadcasting, pemegang hak siar eksklusif Piala Dunia 2014, menayangkan seluruh pertandingan di televisi secara gratis. RS International sendiri merencanakan hanya menyiarkan secara gratis 22 pertandingan saja.

Pada Kamis ini, Komisi Telekomunikasi dan Penyiaran Thailand mengumumkan telah menyepakati pembayaran kompensasi sebesar 13 juta dolar AS sehingga RS bisa menyiarkan seluruh 64 pertandingan secara gratis.

Selain menggratiskan siaran Piala Dunia, pemerintah militer juga telah melakukan serangkaian kampanye seperti menggelar konser, potong rambut cuma-cuma, dan pemberikan akses layanan pemeriksaan kesehatan.

Selain itu, militer menetapkan pagu harga bahan pokok, mensubsidi petani, dan menghidupkan kembali berbagai proyek infrastruktur ambisius yang dibatalkan oleh pemeritahan terdahulu dengan alasan terlalu mewah. Dari semua program ini Piala Dunia dinilai sebagai yang paling penting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.