Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengacara Jual Kisah Edward Snowden ke Hollywood

Kompas.com - 11/06/2014, 22:27 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Sutradara kawakan Hollywood, Oliver Stone dikabarkan telah menerima hak untuk membuat film drama politik yang didasarkan pada kehidupan sang pembocor data NSA, Edward Snowden.

"Hak untuk mengangkat buku saya ke layar lebar sudah diserahkan kepada Oliver Stone dan produser Moritz Borman," kata kuasa hukum Edward Snowden, Anatoly Kucherena, Rabu (11/6/2014).

Kucherena sudah menyelesaikan sebuah trilogi yang menceritakan kisah seorang pembocor data rahasia negara asal AS yang merupakan adaptasi bebas pengalaman Edward Snowden. Buku bagian pertama berjudul "Time of the Octopus" akan dipiblikasikan dalam waktu tak lama lagi.

"Dia (Stone) bertemu dengan saya, dia tidak bertemu dengan Snowden. Buku itu akan diterbitkan tak lama lagi," kata Kucherena sambil menambahkan dia dan Oliver Stone sudah bertemu tiga kali.

Kucherena menambahkan, Snowden yang menjadi buronan paling terkenal di dunia mengetahui rencana Oliver Stone untuk membuat film berdasarkan kisah hidupnya. "Reaksinya mengetahui hal itu, sangat normal," kata Kucherena.

Kucherena melanjutkan, dia menulis novel itu karena dia tak bisa diam saja terkait dilema etis kliennya itu. "Saya menjadi seorang saksi atas sebuah paradoks moral. Saya terilhami dengan kondisi emosional Snowden, dia membawa saya ke dalam dunianya," papar Kucherena soal Snowden.

Sebagai salah satu pengacara ternama Rusia, Kucherena menjadi salah satu tokoh yang mendapatkan akses untuk bertemu dengan Snowden saat dia tinggal selama sebulan di bandara Sheremetyevo Moskwa tahun lalu.

Kucherena, dikenal sangat dekat dengan Kremlin, membantu Snowden mendapatkan suaka sementara di Rusia dan sejak itu berperan sebagai juru bicara dan penghubung Snowden dengan dunia luar.

Oliver Stone, yang dikenal sangat kritis terhadap kemapanan politik AS, juga telah membeli hak layar lebar untuk buku lain tentang Snowden yang ditulis Luke Harding jurnalis harian Guardian Inggris, yang digunakan Snowden untuk mempublikasikan informasi yang dibocorkannya.

Pada awal Juni lalu, Guardian mengabarkan Oliver Stone, yang pernah membuat film legendaris "Platoon" itu sudah mulai menulis naskah film tentang Snowden ini dan pengambilan gambar akan dimulai akhir tahun nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com