Kompas.com - 11/06/2014, 19:47 WIB
EditorErvan Hardoko
KIRKUK, KOMPAS.com - Kelompok militan Irak menduduki kantor konsulat Turki di kota Mosul, Rabu (11/6/2014) dan menculik kepala kantor konsulat serta 24 orang stafnya. Demikian penjelasan kepolisian Irak.

"Anggota kelompok militan ISIL menculik kepala konsulat Turki di Mosul dan 24 orang penjaga dan asistennya," kata seorang perwira polisi.

Perwira polisi utu menampahkan, dia sempat berbicara dengan para penculik yang mengatakan diplomat Turki itu dalam kondisi sehat dan kini dipindahkan ke lokasi yang lebih "aman".

Penculikan itu terjadi sehari setelah kantor konsulat Turki di Mosul mengatakan para pejuang ISIL telah menahan 28 orang pengemudi truk asal Turki.

Sebelumnya, kelompok militan Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL) berhasil menduduki kota Mosul pada Selasa (10/6/2014), sekaligus memberikan pukulan telak kepada pemerintahan Irak yang didominasi kelompok Syiah.

Tak hanya Mosul, ISIL juga menguasai wilayah di sekitar kota itu seperti Provinsi Nineveh, kota Kirkuk dan Provinsi Salaheddin. ISIL adalah kelompok militan terkuat di Irak dan juga menjadi salah satu kekuatan oposisi terbesar yang melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.