Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEA Syaratkan Tata Kelola dan Efisiensi

Kompas.com - 06/06/2014, 21:03 WIB
KOMPAS.com - Perwujudan Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA) 2015 menempatkan syarat tata kelola dan efisiensi. Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dalam data termutakhirnya memberi catatan mengenai hal tersebut. Titik perhatian yang mengemuka dalam laporan itu antara lain soal pengolahan data komputasi.

Sementara itu, salah satu bentuk kerja sama yang sudah terbangun sejak 23 tahun adalah hubungan antara Cisco dan Dimension Data. Kedua pihak, sebagaimana informasi pada Jumat (6/6/2014), menunjukkan bahwa kolaborasi tersebut bertujuan untuk mempercepat dan menyederhanakan komputasi awan hibrida (cloud hybrid) secara global. Catatan terkumpul menunjukkan cloud hybrid adalah layanan yang menggabungkan antara komputasi awan bersifat publik maupun pribadi. Layanan ini memungkinkan perusahaan memanfaatkan skalabilitas dan efisiensi biaya dari layanan komputasi awan publik. Pada sisi lain, perusahaan tetap mempertahankan tata kelola data, keamanan, dan kendali sebuah layanan komuptasi awan privat.

Dalam kerja sama itu, Cisco akan memanfaatkan platform Managed Cloud Platform dan solusi SaaS solusi dari Dimension Data untuk paket layanan cloud centric pasar menengah bagi pelanggan dan reseller-nya. Dimension Data dan Cisco akan bekerja sama untuk menghadirkan solusi infrastructure-as-a-service (IaaS) yang akan dikemas dengan teknologi Cisco dan aplikasi software-as-a-services (SaaS), termasuk Microsoft SQL Server dan SharePoint. Solusi yang divalidasi dan diberi merek Cisco tersebut akan dijual oleh Cisco melalui jaringan mitra penjualan Cisco. Kerja sama ini akan mempercepat pergerakan pasar ke layanan komputasi awan, kata CEO Dimension Data Brett Dawson.

Catatan menunjukkan, pada Maret 2014, Cisco mengumumkan rencana pembangunan antar-komputasi awan global terbesar di dunia. "Kerja sama dengan Dimension Data dalam komputasi awan adalah inovasi dan pertumbuhan terkini," kata Presiden Pengembangan dan Penjualan Cisco Rob Lloyd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com